Graphical User Interface Matlab.
Pemrogram computer yang sudah biasa menggunakan visual basic atau deplhi, maka istilah graphic user interface (GUI) sudah tidak asing lagi.
Pada tulisan ini, akan dibahas bahasa Matlab dengan menggunakan GUI.
Teori tentang komponen pemrograman window, MATLAB telah menyediakan yaitu: pushbutton, edit, statictext, combo, checkbos, dan lain-lain. Sebelum menggunakan komponen tersebut, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu konsep Pemrograman Berbasis Objek (PBO) di Matlab secara benar.
bahwa setiap komponen pada PBO diartikan sebagai objek yang diberikan pekerjaan, dan memiliki property tertentu untuk keperluan interaksi dengan objek lainnya.Dengan GUI program yang kita buat akan lebih menarik, efektif dan atraktif. Sebelumnya Anda harus mengerti dan benar dalam menggunakan komponen-komponen yang sudah tersedia di Matlab.
Matlab, memandang objek paling tinggi adalah screen (tipenya abstrak), Matlab memfokuskan pada objek figure. Secara sintak, untuk menggunakan objek figure cukup ketik sintaknya sebagai berikut:
“objHandle = objek ([property bojek], [property value])”;
Secara umum, objek yang paling sering digunakan dalam pemrograman Matlab adalah sebagai berikut:
Objek figure
Adalah objek tertinggi yang dapat kita gunakan dalam pemrograman window. Objek inilah yang dapat diakses dengan beberapa property penting.
Sintak sebagai berikut:
Nama = figure(…)
‘color’,[R G B], . . .
‘Menubar’,<’figure’ | ‘None’>, . . .
‘Units’,<’points’ | ‘pixel’>, . . .
‘position’, [left top width height], . . .
‘resize’,<’on’ | ‘off’>, . . .
‘numbertitle’, <’on’ | ‘off’ >, . . .
‘name’, [teks window], . . .
‘windwostyle’,<’normal’ | ‘modal’ >);
Contoh sederhana potongan skrip sebagai berikut:
win1=figure(. . .
'units','points', . . .
'position', [100 150 500 300], . . .
'color', [.9 .9 .9],. . .
'menubar', 'none', . . .
'resize', 'off', . . .
'numbertitle', 'off', . . .
'name', 'Program GUI ku pertama');
Contoh tersebut di atas, sebenarnya Matlab telah memberikan pilihan kepada kita, bahwa untuk GUI kita tidak direpotkan dengan sintak-sintak seperti di atas, cukup Anda klik dan drag komponen-komponen yang sesuai dengan kebutuhan dan tempelkan pada figure yang ada.
Ok.... broo, selanjutnya kita awali dengan cara sintak terlebih dahulu.