Banner adz

Saturday 6 February 2016

Unknown

LOGIKA DAN ALGORITMA


Komputer adalah alat bantu yang dapat memecahkan berbagai masalah. Pada tulisan  ini, akan disajikan bagaimana komputer mampu memecahkan masalah dari yang sederhana sampai yang rumit.  Kita sudah mengenal apa itu algoritma, terutama bagi yang menyenangi matematika. Karena algoritma didefinisikan “ urutan dari langkah-langkah instruksi  yang terintegrasi”.

Pada awalnya algoritma disampaikan oleh ahli matematika Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi, bahwa algoritma adalah suatu metode khusus yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang nyata.  Dengan demikian algoritma hakikatnya merupaka suatu prosedur yang tepat untuk memecahkan masalah dengan menggunakan alat bantu (komputer). Karena komputer merupakan sebuah perangkat (hardware) perlu ada software dan brainware.  Istilah lain dalam software adalah pemrograman, dan yang membuat program adalah brainware (manusia).

Penulisan program diperlukan diagram alur pemecahan.  Maka disinilah algoritma sangat diperlukan dan dibutuhkan oleh si pembuat program. Berikut tips memilih algoritma yang baik berdasarkan kriteria, yaitu

  1. Kriteria ada output yang dihasilkan dari pemecahan masalah.  
  2. Efektif dan efisien, solusi yang ditawarkan sesuai dengan masalah dan proses penyelesaian singkat.  
  3. Jumlah langkah berhingga, sekumpulan instruksi yang dibuat harus dalam urutan tertentu dan berhingga ( ingat kriteria ke-2). 
  4. Berakhir, artinya proses dalam pencarian penyelesaian harus ada akhir. 
  5. Terstruktur, artinya urutan dari langkah yang digunakan disusun tidak berbelit-belit.

Kalau Anda belajar pemrogaman, maka pembahasan algoritma yang dikenalkan lebih pada teoritis, Anda tidak perlu risau, pusing, dan lainnya. Nikmati saja karena beberapa istilah, pengertian dan definisi seperti prosedur, semi algoritma dan algoritma menjadi modal anda ketika mengimplementasikan dalam memrogram di komputer.  Cara agar bisa fokus, apresiasikan dalam kehidupan sehari-hari anda sudah melakukan dan mengerjakan dengan baik. Simak kasus kehidupan sehari-hari berikut ini (semua orang sudah mengalami), yaitu :  Anda mengirimkan sepucuk surat kepada pacar anda, PASTI langkah-langkah seperti berikut:

  1. Tulis surat pada selembar kertas putih yang kosong
  2. Ambil sampul surat atau amplop
  3. Masukan surat yang sudah ada tulisan ke dalam amplop
  4. Tutup dan lem amplop surat yang sudah ada tulisannya
  5. Tulis alamat pacara anda di amplop, dan tempelkan perangko secukupnya
  6. Bawa amplop ke kantor pos yang terdekat atau kotak bis surat

Contoh lain
Anda mendapat tugas dari guru untuk mengurutkan hasil nilai ujian sejumlah mahasiswa. Langkah-langkahnya :

  • Cari nilai terbesar di antara n buah data (mahasiswa)
  • Tempatkan nilai terbesar tersebut pada posisi yang tepat
  • Ulangi dari langkah 1 untuk n-1 dari data yang lain  (Rinaldi Munir, 2004)

Kita lanjutkan pembahasan algoritma. Dari dua contoh tersebut, semua orang(ketika menjadi siswa)  pasti sudah melakukannya.  Disini akan kita coba “mengetahui proses terjadinya suatu algoritma. ( Yulikuspartono, 2004)

  1. Bagaimana merencanakan suatu algoritmaTentukan model sebagai penyelesaian suatu masalah agar diperoleh solusi yang mungkin, lalu ambil yang terbaik dari berbagai variasi yang muncul.
  2. Bagaimana menyatakan suatu algoritmaSetelah model ditentukan, tulis dengan bahasa semu (pseudocode) yaitu bahasa sehari-hari (jelas, dan terstruktur) dan buat diagram alur (susunan alur logika dari suatu permasalahan. Contoh mempertukarkan isi  dua ember. Misalkan ember A berisi air warna merah sedangkan ember  B berisi air warna biru. Maka algoritmanya adalah (a) Tuangkan air ember A ke dalam ember C, (b) Tuangkan air ember B ke dalam ember A; (c) Tuangkan air ember C ke dalam ember B. 
  3. Bagimana validitas suatu algoritmaAdalah kenyakinan jika permasalahan sudah memenuhi solusi yang diinginkan bukannya menimbulkan permasalahan baru
  4. Bagaimana menganalisanya
  5. Untuk ini diperlukan running time, bahwa pemecahan masalah waktu tempuh yang digunakan serta memori yang digunakan adalah masalah tidak
  6. Bagaimana mengujinya
  7. Setelah tahap demi tahap terlampaui, maka bahasa program yang digunakan diuji program dengan menggunakan komputer  apa ada fase debungging, adalah proses eksekusi apada koreksi (error) baik sisi logika maupun sintaks dan fase profilling  adalah program yang sudah bisa dieksekusi dalam waktu tempuhnya dalam menyelesaikan suatu algoritma.

Langkah krusial dalam algoritma adalah, satuan waktu yang ditepuh oleh algoritma dalam menyelesaikan suatu masalah dan hal-hal yang mempengaruhi waktu tempuh di analisis untuk mengetahui:  algoritmanya banyak langkah apa tidak (proses menyelesaikan butuh waktu lama); data yang diinputkan besar dan tipe data tepat atau tidak, dan komputer yang digunakan
Memenuhi (spesifikasi yang diperlukan) mendukung dan sebagainya.


Referensi :
1.       H.M. Jogiyanto, 1988. BASIC. Andi Offset, Yogyakarta
2.       Yulikuspartono, 2004. Pengantar Logika dan Algoritma. Penerbit Andi, Yogyakarta

Unknown

About Unknown -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :